“Sahabat”: Legitimasi Pertemanan 37 Tahun dari ASIA 87

Persahabatan memang harus dirayakan, untuk ASIA 87, salah satu bentuknya adalah dengan merilis lagu.

Perkenalkan: ASIA 87. Sebuah group musik asal Jakarta yang baru saja merilis single pertamanya berjudul “Sahabat” pada 29 Januari 2021 kemarin.

Sesuai judulnya, lagu ini bercerita tentang persahabatan yang positif dan saling mendukung. Bukan tanpa alasan, mereka menulis lagu ini sebagai bentuk perayaan akan persahabatan yang terjalin di antara mereka. Ya, Rini (vokal), Tanti (vokal), Boy (vokal), Arie (vokal), Ivan (gitar/ backing vokal), Stanley (drum), Mirza (keyboard), Budi (keyboard), dan Qwill (bass) sudah bersahabat sejak lama. Sebagian bahkan sudah berteman lebih dari 35 tahun.

“Kami memang lebih cocok disebut group sahabat sih ketimbang group band,” kata Boy sambil tertawa.

Kisah awal band ini dimulai pada 1984, saat mereka diminta untuk tampil mengisi acara perpisahan di sekolah mereka saat itu, SMA Al Azhar. Setelah lulus dan berpisah untuk meniti karirnya masing-masing, belakangan mereka ketemu lagi, dan sepakat untuk merekam lagu bersama. Sekadar informasi, ASIA 87 merupakan akronim dari Alumni SMA Islam Al Azhar lulusan ’87.

“Pada dasarnya kami-kami yang tergabung di Asia 87 Band ini bukanlah pemain band profesional, tapi kami punya hobi dan passion yang sama di musik. Jadi, di antara kesibukan kami sehari-hari, kami masih terus mengutamakan kebersamaan kami untuk bermain musik dengan gaya kami sendiri,” ujar Ivan.

Meski bukan musisi profesional, pertemanan yang sudah terjalin sangat membantu terbangunnya chemistry antar mereka. Hal ini membuat proses rekaman juga berlangsung dengan santai dan cukup cepat.

“Rekamannya santai dan tidak ada kendala berarti. Karena kita sudah lama main bareng, jadi sudah tau juga karakter masing-masing personilnya. Prosesnya kira-kira makan waktu 3 bulan. Ini juga lebih karena nyocokin jadwal aja antara kita,” tutur Arie.

“Maklumlah, semua pada padat jadwalnya di luar, tapi kami tetap komit dan luangin waktu untuk mengerjakan proyek senang-senang kami ini,” tambah Stanley. Ya, sehari-hari mereka adalah pekerja dan pebisnis profesional di bidangnya masing-masing, yang menjadikan musik sebagai penyeimbang hidup.

Hingga akhirnya mereka bisa membawakan serta merilis lagu sendiri, itu merupakan suatu pencapaian yang telah mereka inginkan sejak lama. “Sahabat” ini merupakan jalan pembuka untuk karya-karya mereka berikutnya.

Lagu “Sahabat” dikemas dengan aransemen pop kreatif yang ringan ala musik akhir ‘80-an dan awal ‘90-an. Dengan aransemen ceria yang menggambarkan suasana persahabatan yang positif, lagu ini terdengar tulus tanpa banyak polesan berarti.

ASIA 87 memang tidak berusaha jadi siapa-siapa. Mereka hanya memainkan musik yang mereka sukai dan mereka nikmati semasa muda.

Lalu, bagaimana harapan mereka dengan lagu ini?

“Kami memberanikan diri berkarya dengan lagu-lagu sendiri, selain supaya kami bisa mengabadikan kebersamaan kami yang sangat berharga ini dalam bermusik, kami juga berharap bisa ikut memberikan warna tersendiri terhadap dunia musik Indonesia,” ujar Mirza.

“Ya, mudah-mudahan lagunya bisa diterima dengan baik oleh pendengar musik di luar sana,” harap Rini, yang diamini oleh Tanti.

Well, perjalanan baru dimulai. Semoga lewat “Sahabat” mereka mendapat tempat, dan lagu ini bisa menjadi legacy dari Asia 87

Spotify iTunes

Sahabat

Release Date : January 19, 2021
Artist : ASIA87 Band
Catalog ref. : 001
Format : Digital Download